Configurasi Router Debian 5

Configurasi Router Debian 5 - Router adalah sebuah perangkat yang digunakan didalam jaringan komputer dan mempunyai fungsi sebagai penghubung serta bertujuan untuk meneruskan paket data antara dua atau lebih jaringan yang berbeda agar keduanya dapat saling berkomunikasi. Semisal menghubungkan dua jaringan komputer yang berbeda kelas IP nya.

Berikut ini Cara Configurasi Router Debian 5

Rubah konfigurasi ip di interfacesnya menjadi seperti berikut:
Configurasi Router Debian 5

Pada setingan di atas saya eth0 saya digunakan sebagai penerima akses internet dan diberikan settingan ipnya secara dinamis, selanjutnya eth1 saya gunakan ip static yang nantinya akan digunakan untuk penyebaran internet kepaa client atau jaringan local.

Restart network dengan mengetikan perintah /etc/init.d/networking restart

Selanjutnya konfigurasi IP Forwading agar komunikasi antara dua jaringan dapat dilakukan. Dalam percobaan ini jaringan local dengan jaringan yang terkoneksi internet. Pada intinya diharapkan jaringan local yang tidak terkoneksi dengan internet dapat juga mengakses internet.
 

Aktifkan IP Forwading nya di file sysctl.conf dengan mengetikan perintah
nano /etc/sysctl.conf
carilah script net.ipv4.ip_forwad=1
hilangkan tanda crash nya (#) agar script tersebut dapat jalankan.

Selanjutnya konfigurasi jaringan localnya agar dapat menerima akses internet. Caranya kita dapat memanipulasi jaringan local tersebut menjadi NAT, karena NAT dapat menutup ip dari jaringan local dengan ip yang dapat terkoneksi ke internet sehingga nantinya client yang berada pada jaringan local apabila melakukan permintaan akses seakan-akan dia sedang berada di jaringan yang terhubung ke internet.
Caranya ketikan perintah berikut ini.
iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE [ENTER]

PTABLES adalah suatu tools dalam sistem operasi linux yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan filter (penyaringan) terhadap (trafic) lalulintas data.

Masquerade adalah salah satu fasilitas di Linux yang memungkinkan komputer yang tidak memiliki nomor IP resmi dapat tersambung ke internet melewati komputer linux

ketikan juga script tersebut di rc.local agar apabila server di restart tidak perlu mengkonfigurasi lagi iptables yang tadi.

Configurasi Router Debian 5

Sampai disini client pada jaringan local sudah dapat terkoneksi dengan internet
Jika anda mengakses kembali webserver pada browser dan di arahkan ke halaman mercusuar, maka mengatasi masalah itu kita harus menambahkan ip DNS dengan perintah nano /etc/resolv.conf, tambahkan ip dns debian,
Kemudian konfigurasi pada ip client tambahkan Alternatif DNS server yaitu dengan ip internet contoh ip google 8.8.8.8 atau bisa juga ip modem anda,
Sampai disini anda bisa mengakses jaringan local dan internet


Jika ada kesulitan silakan ditanyakan di kolom komentar saja.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Configurasi Router Debian 5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel