Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanda Jika Seseorang Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami yang namanya kehilangan cairan banyak dan bahkan lebih dari yang masuk ke dalam tubuhnya. Inilah yang juga disebut dengan istilah defisit cairan sehingga tubuh cukup kesulitan dalam menjalankan fungsi normalnya karena tak cukup air.
Air sebagai sumber kehidupan benar adanya. Karenanya, tubuh harus tetap terhidrasi dengan baik agar tetap sehat.
untuk mengatasi bahaya dehidrasi anda pelu tahu apa gejala dehidrasi.
Berikut tanda jika Anda terkena dehidrasi.

10 Tanda Jika Seseorang Mengalami Dehidrasi


1. Warna Urine
Indikasi paling jelas adalah jika urine Anda berwarna kuning pucat. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup, warna urine akan terkonsentrasi sehingga semakin gelap warnanya.
Semakin banyak minum air putih, maka warna urin ketika buang air kecil adalah semakin bening dan jernih. Namun efek kekurangan air putih bagi tubuh adalah warna urin yang berubah menjadi lebih gelap dan juga pekat.

2. Keringat Sedikit Saat Cuaca Panas
Cuaca sedang panas-panasnya dan keringat yang keluar harusnya benar-benar banyak. Ketika udara panas dan hanya sedikit keringat yang keluar dari tubuh, itu tandanya Anda sedang mengalami dehidrasi.
Berkeringat adalah tanda bahwa ada cukup cairan yang tersimpan oleh tubuh. Namun, apabila berkeringat terus menerus terutama setelah olahraga atau berada di bawah sinar matahari, minum air agar tubuh tetap memiliki cairan yang cukup.

3. Respon Kulit ketika dicubit
Lakukan tes skin turgor. Caranya cukup mencubit kulit beberapa detik kemudian lepaskan. Jika kulit cukup lama untuk kembali ke kondisi normal, itu tandanya Anda butuh untuk minum air lebih banyak.

4. Napas Cepat
Seseorang dengan masalah dehidrasi bakal memiliki napas yang lebih cepat dari biasanya. Pada tahap ini, ini adalah sebuah kondisi gejala dehidrasi yang sudah cukup serius karena mengganggu pernapasan. Segera atasi dengan minum air putih lebih atau secepatnya periksakan ke dokter.

5. Kulit Kering
Kekeringan pun melanda permukaan kulit tubuh kita, baik itu tangan, wajah, kaki, dan bagian lainnya. Tandanya adalah kulit mulai mengelupas dan bahkan kelihatan pecah-pecah biasanya pada bagian kaki.
Apabila Anda meminum cukup air, kulit akan terhindar dari kondisi kering. Untuk mengetahui kulit kering atau tidak, cukup berikan goresan kuku pada kulit. Jika ada bekas goresan putih, artinya Anda butuh minum.

6. Mulut Kering dan Bibir Pecah-pecah
Masih pada tahap ringan, gejala yang akan muncul pertama-tama adalah mulut yang terasa kering. Ini adalah salah satu efek bahaya akibat kurang minum air putih sehingga membuat tubuh kekurangan cairan. Bahkan bagian mulut pun menjadi kurang tingkat kelembabannya dan menjadi lebih kering saat tak ada cairan yang masuk.
Cukup minum menjadikan bibir Anda selalu tampak sehat dan mulut terasa segar. Warna bibir merah merona dan bebas dari kulit-kulit bibir yang mengelupas.

7. Mata Cekung
Pada tahap yang lebih berat, dehidrasi sudah mulai menunjukkan gejalanya melalui mata. Apabila Anda merasakan ada yang ganjil, terutama mata yang berbentuk cekung, ini adalah ciri dari seseorang yang tengah dehidrasi. Segera minum air putih sedikit-sedikit namun sering untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

8.  Cepat Lelah
Seseorang yang mudah lelah atau juga cepat mengantuk adalah tanda bahwa ia sedang menderita dehidrasi. Biasanya seseorang akan malas untuk bergerak dan cenderung kurang aktif daripada normalnya ketika mengalami dehidrasi. Ketika kurang cairan, otomatis tubuh pun juga mendapatkan asupan tenaga yang tidak banyak yang membuatnya cepat lemas.
Ketika anda merasa sehat dan bugar serta terbebas dari rasa kantuk? Selamat, itu artinya Anda sudah jauh dari kata dehidrasi.

9. Tidak bisa Berpikir Jernih 
Kurangnya cairan pada tubuh pun membuat seseorang menjadi lebih mudah Kehilangan konsentrasinya ketika bekerja, itu dapat terjadi saat sedang dehidrasi.
Konsentrasi yang baik merupakan ciri tubuh yang sehat dan terhidrasi. Sebab, air mempunyai peran membawa oksigen untuk otak sehingga Anda tetap mampu berpikir dengan jernih.

10.  Merasa Haus
Karena jarang minum, tak heran bila seseorang akan dengan mudah merasa haus. Tak hanya mulut saja yang kering, ketika haus tentunya tenggorokan pun akan terasa kering. Supaya tidak menimbulkan bahaga tingkat tinggi, segera minum air putih.
Tubuh sudah sangat sempurna, sehingga ketika tubuh membutuhkan sesuatu ia akan menyampaikannya pada Anda. Simpel, jika Anda tidak merasa haus berarti Anda memang sudah menenggak jumlah air yang dibutuhkan.

21 komentar untuk "10 Tanda Jika Seseorang Mengalami Dehidrasi"

  1. Tes cubit tangan...
    Yang ada sakit gan... 😂
    Tapi langsung balik kesemula artinya aq kondisinya ok ya g dehidrasi

    BalasHapus
  2. thanks gan infonya bermanfaat banget jadi ane tau..

    BalasHapus
  3. Napas semakin cepat ketika dehidrasi , sama kayak hewan ya, pusing juga bawaanya

    BalasHapus
  4. sy cuma taunya cuma lewat urine, krn sy biaasa dehidrasi krn kurang minum

    BalasHapus
  5. Bahaya juga ya apalagi nomor 7 dan 9

    BalasHapus
  6. Gua yang nomor 8, mudah dan cepat lelah. perlu diperbanyak nih minum air putih

    BalasHapus
  7. terimakasih gan sudah share tanda-tandanya, jadi bisa lebih memperhatikan

    BalasHapus
  8. Dehidrasi tuh bisa menimbulkan gangguan apa aja bagi tubuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak gan sebagian sudah di jelaskan di atas, paling berat bisa menimbulkan ganguan pada ginjal, ini yang biasanya sering terjadi

      Hapus
  9. Tanda yang sering saya alami waktu dehidrasi lebih ke bibir pecah-pecah, padahal minum air sudah menurut standar agar tercukupi :(

    BalasHapus
  10. kalau kurang fokus?? itu tanda ddehidrasi ya?? :v

    BalasHapus
  11. Bahaya juga kalo kekurangan cairan bagi tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin saja gan, itu juga kan kurang konsentrasi,

      Hapus
  12. Ternyata dehidrasi bisa diatasi dengan cara test cubit yaa baruu tau nih haha 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan ngatasin gan, cuma ngecek apakah kita terkena dehidrasi atau engga

      Hapus
  13. Harus sering minum ni biar mata gak cekung..

    BalasHapus
  14. waduh harus sering minum ini mah. thanks infonya min

    BalasHapus
  15. masalhnya kalau sering cape harus bolak-balik ke air,,, nice info

    BalasHapus
  16. Semoga para pembaca semua rajin minum air, karena bagus buat kesehatan hehhe lanjutkan gan

    BalasHapus