Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa menimbulkan efek positif di lambung dan usus. Tidak hanya itu, senyawa ini mungkin bisa meredam rasa mual dengan cara memberikan efek di otak dan sistem saraf.
Jahe merupakan salah satu tanaman yang populer digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Hal ini disebabkan karena jahe kaya khasiat dan manfaat obat.

Berikut adalah beberapa manfaat menakjubkan jahe yang mungkin belum Anda ketahui.

5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan


1. Menrunkan Kolesterol

Studi menunjukkan dengan mengkonsumsi jahe secara rutin mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan juga hati. Para ahli menyebutkan jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada manusia.

Kandungan gingerol terdapat dalam jahe juga memiliki efek yang bersifat antikoagulan yang mampu untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Kandungan pada jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin yang pada akhirnya dapat memperlancar aliran peredaran darah.

2. Membantu Melawan Infeksi

Gingerol, senyawa bioaktif dalam jahe segar, dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Zat aktif pada jahe memiliki efek analgesik, sedatif, antipiretik dan antibakteri. Bahkan, ekstrak jahe memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri, terutama bakteri oral yang terkait dengan penyakit inflamasi pada gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. 

3. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Jahe merupakan salah satu obat tradisional yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit mestruasi. dengan mengkonsumsi ekstrak jahe selama empat kali sehari selama tiga hari di awal menstruasi dapat membantu mengurangi rasa sakit atau kram menstruasi secara signifikan. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa selain mengurangi nyeri menstruasi, khasiat jahe juga sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

4. Mengurangi Nyeri Sendi

Studi menyebutkan jahe ternyata dapat membantu menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan pergerakan pada sendi, serta mengurangi pembengkakan yang terkait dengan rheumatoid arthritis. karena sifat antiinflamasi jahe yang tinggi dapat mengurangi rasa sakit pada sendi. 

Manfaat lainnya jahe juga dapat untuk membantu meredakan nyeri pada punggung dan sakit kepala seperti migrain.

5. Sebagai Obat Jerawat

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, untuk membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Bahan mineral pada jahe juga dipercaya ampuh mengurangi kulit yang cenderung berminyak. 

Penggunaan jahe kemungkinan aman bagi kebanyakan orang. Namun ada beberapa efek samping ringan yang mungkin ditimbulkan seperti rasa mulas, diare dan rasa tidak nyaman pada perut. Kemudian pada wanita yang sedang mengalami periode menstruasi, telah melaporkan tambahan perdarahan saat mengkonsumsi jahe. Pada beberapa orang, penggunaan jahe pada kulit juga dapat menyebabkan iritasi.

Meskipun jahe termasuk jenis bahan pengobatan alami, tetap saja terselip kekhawatiran mengenai kebenaran manfaat jahe untuk kesehatan. Maka dari itu sebelum mengkonsumsi obatan dari jahe bicarakan penggunaan jahe ini pada dokter anda.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan"