Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menjadi Traveler yang Baik dan Cerdas

5 Tips Menjadi Traveler yang Baik dan Cerdas



Traveling ke berbagai tempat unik, eksotik dan baru menjadi semakin digemari oleh banyak kalangan. Traveling kini menjadi hobi baru yang tengah digandrungi anak muda. Bahkan, saat ini traveling sudah menjadi suatu kebutuhan lifestyle. Namun, apabila kita kurang berhati-hati dalam merencanakannya, traveling justru dapat menjadi beban.
Bagi Anda yang baru mencoba menyelami dunia traveling, simak kiat berikut supaya Anda jadi traveler cerdas meski minim pengalaman.

5 Tips Menjadi Traveler yang Baik dan Cerdas


1. Mencari Informasi

Langkah pertama bagi para traveler pemula adalah mencari informasi mengenai suatu tempat yang menarik sesuai keinginan. Malakukan riset adalah hal yang paling penting untuk membantu anda dalam mempersiapkan mulai dari beli tiket pesawat, jadwal, destinasi, keuangan, dan pencarian lainnya.
Mudahnya akses internet dapat membantu kita untuk mencari informasi destinasi melalui situs-situs travel atau para blogger travel yang menceritakan pengalaman travel meraka.

2. Riset Waktu Terbaik

Anda mungkin mempunyai beberapa destinasi impian, namun penting untuk memilih tujuan yang tepat demi memaksimalkan perjalanan.
Sebagai contoh, bagi Anda yang hendak berlibur ke Jepang untuk menikmati Sakura, bulan Maret sampai April adalah waktu yang terbaik. Japan Weather Association memprediksikan, bunga sakura akan mekar terlebih dulu di Tokyo, kemudian Kyoto dan beberapa kota lainnya.

3. Jaga dengan Baik Barang Bawaan Kamu

Sebelum memulai traveling, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat wisata tersebut, termasuk tingkat keamanannya.
Jaga dan simpan lah barang-barang mu ditempat yang aman, jagan menyimpan barang di tempat yang mudah terjangkau oleh pencuri.
Manfaatkan layanan ATM dan kartu kredit unutk mempermudah semua transaksi, jangan membawa uang tunai berlebihan.

4. Pelajari cara menawar yang ampuh

Sering kali kita kecolongan harga dan merasa dirugikan akhirnya dikarenakan kurang lihainya kita memainkan kata-kata untuk menawar barang. Tawar menawar adalah merupakan seni karena apabila kita gagal menawar dijamin pasti ada rasa kurang puas dihati anda. Apalagi kalau ada orang yang membeli barang sama dengan apa yang kita beli kemudian mereka mendapatkannya dengan harga yang lebih murah, nah jadinya galau kan.

5. Koneksi internet

Untuk yang satu ini mungkin untuk sebagian orang tidak telalu penting, namun bagi saya pribadi ini adalah merupakan salah satu hal yang penting kalau kita ingin liburan apalagi kalau tujuan nya ke luar negeri.
Kalau berencana untuk travel ke luar negeri dan tetap ingin memiliki koneksi internet tanpa terjerat biaya roaming, cari tahu apakah kamu bisa menyewa pocket wi-fi atau  membeli SIM card prabayar di negara yang dituju. 

8 komentar untuk "5 Tips Menjadi Traveler yang Baik dan Cerdas"

  1. yang pastikan dijaga barang bawaan nya ya gan, kalo hilang bisa berabe

    BalasHapus
  2. Nice artikelnya gan.

    BalasHapus
  3. koneksi internet tuh paling susah waktu travel ke tempat tempat terpencil

    BalasHapus
  4. Yang paling penting harus ada duit :D

    BalasHapus
  5. bagus tipsnya untuk menjadi traveler, pernah tuh kacau waktu rekreasi ditempat terpencil, kondisi jalan susah, karena cuaca hujan terus.

    BalasHapus
  6. Cocok nih saya mau jadi anak traveler

    BalasHapus
  7. Nomor 4 agak susah buat ane karena bukan penawar yang ulung

    BalasHapus
  8. bener banget tuh bro travler harus madiri dan cerdas, bego dikit ente bakal kesasar wkwkwk nice tips lah

    BalasHapus