Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari

Selalu memulai hari tanpa sarapan? Coba ubah kebiasaan lama tersebut. Sangat disayang kan bila anda memulai hari tanpa sarapan, karena dengan sarapan, tubuh menjadi lebih berenergi dan siap menghadapi aktivitas sehari-hari.  

Setelah mengetahui akan pentingnya sarapan, Anda juga perlu mengetahui makanan yang disarankan dikonsumsi untuk sarapan, yang akan memberikan manfaat besar bagi tubuh dan meningkatkan energi Anda dalam beraktivitas.

Manfaat lainnya, bahwa dengan sarapan akan mengontrol berat badan anda, meningkatkan kosentrasi dan kinerja serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol anda.

Lantas, asupan apa saja yang harus ada dalam menu sarapan sehat?
Berikut daftar menu makanan sehat dan baik dikonsumsi dipagi hari:

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari


1. Telur
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari
Gambar: ngrinko.com
Sarapan dengan telur memang baik untuk dilakukan. Beberapa studi menunjukan bahwa mengonsumsi telur pada pagi hari bisa meningkatkan rasa kenyang, mengurangi kalori yang akan diserap dari makanan yang akan dimakan selanjutnya serta mampu menjaga kadar gula darah dan insulin tubuh.

Manfaat telur luar biasa, tetapi jangan berlebihan mengonsumsinya. Hal itu karena telur memiliki asupan kolesterol yang cukup tinggi pada kuning telurnya.

2. Yogurt
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari
Gambar: cdn.cnn.com
Walaupun asam, ternyata yogurt khususnya greek yogurt cocok untuk dikonsumsi pagi hari. Karena tinggi protein, greek yogurt akan membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, yogurt kaya probiotik yang disebut sebagai salah satu 'bumbu' umur panjang.

disarankan dengan menambahkan beberapa potong buah untuk memberikan cita rasa dan memperbesar asupan gizi untuk tubuh.


3. Oatmeal
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari
Gambar: abcnews.com

Oatmeal memiliki kandungan beta-glucan, serat yang bisa mengurangi kolesterol. Ia pun kaya akan antioksidan dan protein. Oatmeal pun bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

4. Stroberi
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari
Gambar: detik.com

Buah tidak pernah salah untuk dimakan kapan pun. Saat sarapan, buah stroberi sangat cocok untuk dijadikan campuran greek yogurt untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. 

Buah Stroberi Kaya akan antioksidan dan rendah kalori sehingga tidak menyebabkan kegemukan. Satu cangkir stroberi sudah sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan harian vitamin C, asam folat dan serat. Stroberi baik untuk kesehatan organ jantung..


5. Semangka
Gambar: lagardere.cz

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menghidrasi tubuh. Selain minum air putih, Anda bisa menambahnya dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka. 

Makan semangka menjadi aktivitas yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh di pagi hari. Semangka juga menjadi salah satu sumber terbaik lycopene. Semangka sangat bermanfaat untuk kesehatan organ mata, kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

6. Pisang
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari
Gambar: cdn.tmpo.co

Buah pisang menjadi salah satu sumber terbaik dari pati resisten, yang merupakan asupankarbohidrat sehat yang membuat Anda dapat merasa kenyang lebih lama. 

Pisang kaya akan kandungan kalium, jenis elektrolit yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Sehingga, buah pisang sangat disarankan untuk orang yang mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).


Mengonsumsi menu sarapan sehat merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Oleh karena itu, sebaiknya pertahankan pola makan seperti ini. Dengan sarapan, Anda juga bisa terbebas dari mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa berdampak pada kesehatan dan juga berat badan Anda.

6 komentar untuk "6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Pagi Hari"

  1. Artikelnya bermanfaat bgt bagi yang lg diet juga :)

    BalasHapus
  2. Saya lebih cenderung memakan nomor 1 dan 6, ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh

    BalasHapus
  3. Saya lebih seneng sama buah pisang gan. Murah, gak susah dicari dan menyehatkan

    BalasHapus
  4. untuk ank kost yg baik apa yaa?? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. pisang mudah dicari gan, atau telur itu sih yang paling mudah

      Hapus