-->

6 Mitos Tentang Baterai Smartphone yang Harus Anda Tahu

6 Mitos Tentang Baterai Smartphone

Bagaimana cara agar baterai smartphone awet alias punya umur panjang? itu lah yang menjadi pertanyaan di dalam benak meraka yang memakai smartphone, itu wajar sekali karana memang baterai bisa dibilang jantung nya smartphone.
Kita sering mendengar atau membaca di internet tentang tips cara pengisian baterai yang benar agar baterai tidak cepat rusak, entah tips itu benar atau salah namun kita sepontan percaya saja pada informasi tersebut.
Ada  banyak sekali mitos yang dipercaya banyak orang, lalu seperti apakah mitos tersebut?
Berikut ulasan mengenai mitos salah kaprah tentang baterai smartphone.

6 Mitos Tentang Baterai Smartphone yang Harus Anda Tahu


1. Isi Daya Baterai Saat Pertama Kali Beli Ponsel

Saat  pertama kali kita membeli ponsel biasanya sejumlah penjual menyarankan agar ponsel di isi daya terlebih dahulu sebelum di pakai, ada yang menyarankan sampai penuh, ada juga yang menyarankan sampai berjam-jam, nah apakah mitos ini benar.
Jawabannya adalah tidak. kenapa?. karena jenis baterai yang digunakan pada smartphone sekarang ini kebanyakan sudah menggunakan baterai lithium-ion yang lebih modern dan handal. 

2. Jangan Charger Baterai Semalaman

Ketika mengisi baterai di malam hari biasanya kebanyakan orang membiarkan smartphone nya tetap terisi daya sampai pagi hari.
Mitos yang sudah beredar di masyarakat jika mencharger baterai semalaman akan membuat baterai cepat rusak, namun apakah mitos ini benar?
Jawabannya tidak. kenapa? Karena smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih. Saat baterai sudah terisi penuh, smartphone akan secara otomatis memotong arus sumber daya yang masuk. Jadi anda tidak perlu khawatir masalah baterai yang rusak atau semacamnya.

3. Jangan Gunakan Ponsel Saat di Charger

Menggunakan ponesel ketika di charger memang biasanya akan serasa lama penuhnya karana digunakan aktifitas yang anda lakukan, namun hal tersebut tidaklah masalah selama suhu ponsel anda tidak overheating/panas berlebihan, biasanya ini digunakan sambil bermain game terlalu lama. untuk menghindari kerusakan, gunakan seperlunya saja ketika ponsel di charger.

4. Baterai Harus diisi Sampai Penuh

Baterai harus diisi sampai penuh mitos ini tidaklah benar. tidak ada bukti apapun jika kita tidak menchager baterai sampai full dapat merusak baterai smartphone.
mau anda mencharger sampai 50%, 70,% tidaklah masalah, buktinya bahwa smartphone baru di pasaran pasti hanya terisi 50%, lalu bagaimana kita bisa berfikir bahwa mencharger smartphone harus sampai 100% , Saya sendiri  sampai saat ini jarang mengisi baterai sampai 100%.

5. Carger Baterai saat Daya Mau Habis

Mitos tersebut tidaklah benar, ini memang pernah berlaku untuk baterai Ni-cad lama, tapi untuk baterai Lithium Ion modern sudah tidak berlaku lagi, Anda mau mencharger saat baterai kosong dan tidak ada isinya sama sekali, itu tidak akan bermasalah sama sekali dan juga tidak akan merusak baterai smartphone android anda.
namun memang kami pernah menemukan kasus di smartphone merek tertentu ada yang sampai baterai nya habis kemudian susah untuk dinyalakan lagi, namun handphone tersebut tidak rusak, tetap bisa dinyalakan ini mungkin hanya bug dari software nya. untuk keamanan saya biasanya mencharger hp sebelum daya habis sekitar 10-20%an lagi baru saya isi .

6. Jangan Gunakan Charger Lain Selain Dari Bawaan nya

Charger memang macam-macam ada yang berkualitas/original atau KW, tapi bukan berati kita tidak boleh menggunakan charger lain, kita boleh menggunakan charger lain, asalkan charger tersebut berkualitas dan bukan barang KW.

14 Komentar untuk "6 Mitos Tentang Baterai Smartphone yang Harus Anda Tahu"

  1. beneran nih kak? wah jadi gak khawatir lagi nih kalo charge sambil dipakai. hehe. thanks kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak apa-apa, saya juga suka dipake kalau lagi di charger selama 1 tahun aman-aman saja, kalau overheat baru hentikan pemakaian

      Hapus
  2. Saya kebiasaan pake Charger lain, gmn ini gan? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kualitas chargernya bagus dan voltase nya sama ga apa-apa gan

      Hapus
  3. No 1 dan 2 mitos yang paling banyak dipercaya menurut ane hahaa dan ane juga salah satunya yang percaya mitos itu alhamdulilah sekarang udah gapercaya lagi mitos begituan :v

    BalasHapus
  4. wah ane baru tau nih..
    thanx atas informasinya gan..
    artikel ini sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. kadang mitos perlu diperhatikan juga sih.

    BalasHapus
  6. akhirnya gue bisa jawab orang ngomong gk boleh charge sambil maen hp

    BalasHapus
  7. ternyata semua itu hanya mitos ya

    BalasHapus
  8. kalau baterainya agak kembung itu penyebabnya apa ya ?

    BalasHapus
  9. Vadoh Saya Sering kek gini nih :(

    BalasHapus
  10. Aduh bahaya sering begini thanks info nya gan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel