Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Titik Sakit di Bagian Tubuh yang Diakibatkan Emosi

Emosi merupakan energi yang bergerak. Emosi bisa didefinisikan sebagai aspek psikis  berupa rasa yang bergerak/mengalir dalam raga/tubuh yang sebabnya bisa dipengaruhi dari dalam atau luar. Emosi tidaklah selalu negatif, seperti kemarahan, benci, dendam, sakit hati, dsb. ada juga emosi yang positif seperti  rasa bahagia, senang, bangga, cinta, damai.
Berbicara tentang emosi negatif, emosi negatif bisa menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan seseorang menderita suatu penyakit. Bukan cuma penyakit kejiwaan, tetapi sesuatu yang tak nampak ini bisa berefek langsung ke penyakit fisik. Pengaruhnya bisa menyebabkan penyakit ringan hingga penyakit berat yang mengancam kematian.
kali ini kita akan membahas beberapa bagian tubuh yang akan terganggu atau merasakan nyeri yang diakibatkan dari emosi yang negatif.  

1. Sakit Kepala
Sakit Kepala
Gambar: cloudinary.com

Sakit kepala berhubungan erat dengan emosi dan stres psikologis. Saat seseorang mengalami stres, hormon-hormon tertentu dilepaskan di dalam tubuh untuk mengatasi keadaan tersebut. Hormon tersebut memberikan efek pada tubuh (peningkatan tekanan darah, otot menegang, pembuluh darah melebar dll) yang dapat memicu terjadinya sakit kepala. Ini adalah keluhan wajar dan bisa ditangani dengan bersantai atau beristirahat dari kesibukan yang membuat Anda penat.

2. Sakit Leher
Sakit Leher
Gambar: tokoherbalacemaxs.com
Nyeri di leher tidak selalu karena Anda kelamaan menunduk atau menahan beban berat di sekitar leher. Nyeri di bagian ini juga bisa di sebabkan oleh masalah emosional ini terjadi ketika Anda tidak bisa memaafkan orang lain dan diri sendiri. Jika benar demikian, coba lihat sisi lain yang bisa Anda cintai atau syukuri.

3. Nyeri Pundak/bahu
Nyeri Bahu
Gambar: hellosehat.com
Nyeri di pundak bisa dirasakan ketika Anda  membawa beban emosional yang berat. Untuk mengatasinya, fokus untuk memecahkan masalah secara proaktif dan mintalah tolong pada orang lain agar beban Anda terbagi, cobalah belajar untuk lebih ikhlas lagi, bersyukur dan jangan dan jangan memfokuskan masalah duniawi saja.

4. Nyeri Punggung
Nyeri Punggung
Gambar: hellosehat.com
Nyeri di punggung atas berarti Anda tidak memiliki cukup dukungan emosional. Ini bisa disebabkan kurangnya rasa cinta dan penerimaan dari lingkungan di sekeliling Anda atau merasa seolah-olah tidak diinginkan. jadi kalau anda jomblo misalnya, solusinya adalah dengan mencari pasangan hidup, dan cobalah terbuka dan berlaku baik pada orang lain agar Anda mendapat teman baru.

5. Nyeri Pinggang
Nyeri Pinggang
Gambar: klimg.com

Nyeri Pinggang biasanya berhubungan dengan rasa kekawatiran dengan keuangan anda,  Kecemasan tentang hal ini tidak akan terselesaikan jika Anda tidak mengusahakan perencanaan keuangan yang lebih baik untuk mengatasi masalah yang sudah terjadi, jika saat ini anda bekerja sebagai karyawan, maka solusinya adalah mencari alternatif pamasukan lain yang bisa meningkatkan omset penghasilan anda.

6. Nyeri Siku
Nyeri Siku
Gambar: radangnyerisendi.com

Nyeri di siku bisa muncul ketika Anda kaku menghadapi perubahan dalam hidup Anda. Lebih berkompromi dan santai menghadapi perubahan hidup adalah cara terbaik untuk melunakkan kekakuan di tubuh dan hidup Anda. 

7. Nyeri Tangan
Nyeri Tangan
Gambar: kompas.com

Nyeri di tangan bisa dirasakan ketika Anda tidak bisa menjangkau orang lain seperti yang Anda harapkan. Cobalah lebih terbuka dan ramah untuk ikut makan siang bersama teman kerja baru atau mengobrol bersama mereka di waktu sengang.

8. Nyeri Paha
Nyeri Paha
Gambar: sehat.link

Jika Anda susah 'move-on', paha Anda bisa jadi sasaran nyeri. Menolak untuk bergerak dan berubah akan memicu keluhan ini.

9. Nyeri Lutut 
Nyeri Lutut
Gambar: gezondheidsnet.nl
Nyeri di lutut bisa jadi pertanda bahwa ego Anda masih terlalu besar untuk menghadapi situasi Anda saat ini. Belajarlah untuk menghargai kehadiran dan hak orang lain dalam ambisi Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan terkena bumerang dari masalah emosional Anda sendiri.

11 komentar untuk "9 Titik Sakit di Bagian Tubuh yang Diakibatkan Emosi"

  1. ternyata kalau emosi bisa menyebabkan sakit dibagian tertentu ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener gan, seperti yang di jelaskan di atas paling parah bisa menyebabkan kematian

      Hapus
  2. Waduh ngeri juga kalo emosian ntar jadi penyakitan dong

    BalasHapus
  3. Nyeri lutut ane sering ini , jadi cuma masalah ego aja ternyata

    BalasHapus
  4. Biar bisa menggantikan emosi yang negatif menjadi ke positif agar tidak dapat menyebabkan penyakit yang membhayakan,, apa sudah ada solusi nya min ya??
    Thanks min artikel nya sangat memembantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah untuk Menerima lebih ikhlas lagi, bersyukur, perbanyak istigfar, "Jika kamu marah dalam keadaan berdiri, duduklah. Jika kamu masih marah, padahal sudah dalam keadaan duduk, berbaringlah. Jika kamu masih marah, padahal sudah dalam keadaan berbaring, segera bangkit dan ambil air wudu untuk bersuci dan lakukan shalat sunah dua rakaat."

      Hapus
  5. Bener banget ini gan, yang paling sering ane alami sakit kepala soalnya 😑

    BalasHapus
  6. bisanya kalo emosian tuh kepala kadang suka pusing

    BalasHapus