Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantau Bencana Menggunakan Aplikasi Android

Pantau Bencana Menggunakan Aplikasi Android
Gambar: esdm.go.id

Bandung - Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) talah membuat aplikasi bernama Magma indonesia, aplikasi ini menyajikan informasi tentang kebencanaan geologi yang bisa dilihat secara real time oleh masyarakat, yang mencakup kondisi gunung api, gempa bumi, tsunami, dan gerakan tanah. 

Devy Kamil Syahbana, selaku pengembang aplikasi tersebut dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengatakan aplikasi ini merupakan aplikasi pertama di dunia yang memberikan informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi di Indonesia," ujar Devy saat peluncuran aplikasi Magma Indonesia di Auditorium Badan Geologi Bandung, Kamis (14/9/2017).

Aplikasi ini bisa diakses melalui website magma.vsi.esdm.go.id atau juga bisa diunduh di ponsel Android melalui Play Store. Informasi bencana geologi yang dapat dilihat pada aplikasi itu antara lain,  Gunung Api, Gempa Bumi, Tsunami, dan Gerakan Tanah.

Sumber Informasi atau setatus kebencanaan yang berada di aplikasi ini didapat langsung dari lapangan, contoh untuk gunung berapi pihaknya menyebar 200 pengamat di seluruh indonesia, setelah dilakukan validasi akan langsung tampil atau diinformasikan di dalam aplikasi magma ini.

Menurut Devy, aplikasi ini dibuat sejak tahun 2015 lalu, dengan tujuan untuk memangkas alur informasi tentang kebencanaan yang selama ini terkesan lamban. 
Pada aplikasi magma ini masyarakat dapat membuat laporan sendiri jika terjadi bencana alam di daerahnya masing-masing.

2 komentar untuk "Pantau Bencana Menggunakan Aplikasi Android"