Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Terlalu Sering Pingsan

Penyebab Terlalu Sering Pingsan



Pasti Anda mengenal orang yang sering sekali jatuh pingsan. Sebagian orang akan menduga bahwa ada yang salah dari jantung seseorang. Tapi apakah memang pingsan bisa secara otomatis dikaitkan secara langsung dengan penyakit jantung?

Ternyata tidak selalu begitu. Menurut dr Reynold Agustinus Manullang, SpJP, dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, sering pingsan harus dicari tahu dahulu penyebabnya.

"Biasanya orang ke dokter saraf, kalo bingung ga ketemu penyebabnya dioper ke dokter jantung," ujar dokter yang akrab di sapa dr Reynold ini.

Pingsan terlalu sering terjadi karena kurangnya suplai oksigen dalam darah yang masuk ke otak. Akibatnya, tubuh menjadi terasa lemah dan diikuti dengan rasa sesak. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan orang yang pingsan?

"Gampang aja, tinggal diminumin pasti dia nggak lama langsung bangun," saran dr Reynold.

Air putih memegang peranan penting karena dapat membantu membawa oksigen untuk tubuh. Karenanya bagi orang yang melakukan aktivitas fisik tinggi misalnya bagi orang-orang yang berangkat haji selalu diimbau untuk banyak minum.

Apabila ibadah di tanah suci tanpa diimbangi konsumsi air mineral yang cukup, risiko untuk pingsan pun bisa menjadi lebih besar.

Namun tetap, bagi orang dengan riwayat jantung, ada baiknya untuk selalu waspada. Ketika Anda terlampau sering pingsan, ini adalah pertanda bahwa perlu diadakan pemeriksaan lebih lanjut mengenai masalah kesehatan jantung Anda.

10 komentar untuk "Penyebab Terlalu Sering Pingsan"

  1. harus lebih hati-hati dan waspada untuk menjaga kesehatan

    BalasHapus
  2. alhamdullilah , setelah saya baca artikel ini , saya waspada terhadap pingsan

    BalasHapus
  3. Oh ternyata ini penyebabnya. makasih gan.

    BalasHapus
  4. jalan- jalan di google sampai ketemu dengan artikel ini ,, sangat bermanfaat gan,,

    BalasHapus
  5. Betul tuh vro.. Kudu memperhatikan komsumsi air putih. Masalah sepele namun bisa berakibat fatal akhirnya. Dengan di awali sering pingsan

    BalasHapus
  6. Jadi begitu penyebabnya, saya kurang tau soalnya ga pernah pingsan :v

    BalasHapus
  7. Artikelnya bagus, nambah pemahaman

    BalasHapus
  8. Nice infonya gan,mantap.

    BalasHapus