Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Sukses Ala Steve Jobs

Rahasia Sukses Ala Steve Jobs

Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februaru 1955. Ia mengembangkan perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak. Ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan produknya Apple II.
Kini Steve Jobs menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Berkat usaha dan kerja keras Steve Job, Apple dapat meraih keberhasilan. Kiatnya dalam menjalan bisnis banyak dijadikan sebagai inspirasi para pebisnis lainnya.

Kesuksesan yang kini diraih perusahaan Apple karena strategi dan langkah yang diambil Steve Jobs. Apa sajakah langkah yang diambil oleh Steve Jobs? Berikut ini ulasannya:


1. Melakukan apa yang Anda cintai
Passion merupakan salah satu kunci untuk menjadi sukses dalam bisnis, termasuk juga Steve Jobs yang begitu mencintai dunia kerjanya. Meskipun Ia pernah dipecat oleh eksekutif yang Ia angkat di Apple, namun Ia menerimanya dengan lapang dada, dan bahkan tidak merasa malu untuk bergabung kembali ke Apple ketika mendapatkan kesempatan keduanya. Langkah yang dipilih Steve Jobs tentunya memberikan gambaran pada kita semua, bahwa walaupun Ia pernah mengalami penolakan, namun Ia tetap rela memulainya kembali dari nol karena Ia benar-benar menyukai pekerjaannya (Apple).


2. Terus Menerus Belajar
Jika ingin sukses terus lah belajar dan jangan pernah berhenti mengembangkan kemampuan. Modal inilah yang membuat Steve Jobs tidak pernah berhenti untuk berkreasi dan berinovasi, hingga akhirnya Ia berhasil menciptakan ide-ide besar dan mengutak-atik perangkat elektronik sederhana menjadi pencetus sejarah komputerisasi yang mendunia.

3. Memudahkan Konsumen
Steve Jobs pun harus bekerja lebih keras untuk bisa berpikir optimal dan membuat produk Apple yang dikenal canggih menjadi lebih sederhana. Sederhana yang dimaksud disini tentu bukan berarti mengurangi fitur-fitur di dalamnya, namun memikirkan cara mengoperasikan yang lebih gampang (sederhana) sehingga para konsumen bisa langsung memikirkan apa yang akan mereka lakukan ketika memiliki produk Apple. Terbukti, belakangan ini produk Apple lebih simpel dan memahami kebutuhan para konsumen.

4. Melakukan yang terbaik
Hal inilah yang selalu diingat Steve Jobs dalam menjalankan pekerjaannya, sehingga setiap kali bercermin di pagi hari, Ia selalu mengupayakan apa yang dilakukannya bisa jauh lebih bermakna dibandingkan hari-hari sebelumnya dan mulai merencanakan pilihan-pilihan besar dalam hidupnya.

5. Mengesampingkan ego dan mengedepankan inovasi
Meskipun saat itu Steve Jobs telah menjadi pengusaha sukses, namun Ia rela mengesampingkan ego dalam dirinya dan menggandeng rival terberatnya (Microsoft) agar bisa menciptakan inovasi baru yakni iMac dengan profit sebesar US$ 601 juta pada tahun 1999. Strategi bisnis inilah yang perlu dipraktikkan para pengusaha, karena pada dasarnya setiap pengusaha memiliki visi yang sama yaitu bisa membantu para konsumen untuk mewujudkan impiannya.

Itulah 5 strategi atau langkah yang diambil Steve Jobs dalam membangun bisnisnya. Semoga bermanfaat, salam sukses..

Sumber: detik.com

Posting Komentar untuk "Rahasia Sukses Ala Steve Jobs"