Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Alami Mencegah Kebotakan Rambut


Tips Alami Mencegah Kebotakan Rambut

Rambut rontok dan botak adalah salah satu masalah terbesat bagi seorang wanita maupun pria. Kehilangan rambut helai demi helai setiap hari tentu menggusarkan dan membuat kita tidak percaya diri. maka dari itu untuk menyelamatkan rambut Anda agar tetap sehat dan kuat, berikut adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan.

Tips Alami Mencegah Kebotakan Rambut


1. Penuhi Asupan Protein

Jika Anda tidak ingin mengalami kebotakan di usia muda maka mulailah saat ini untuk memperhatikan pula apa yang Anda makan. Kebiasaan makan yang buruk ditambah dengan stres akan mengakibatkan rambut rontok. 
Apabila kita kekurangan asupan protein maka jangan heran jika nantinya rambut Anda akan mudah rontok hingga membuat Anda mengalami kebotakan. Jadi penuhi penuhilah asupan protein untuk menjaga rambut anda tetap sehat dan kuat.

2. Minyak Kelapa

Selain kita melakukan perawatan dari dalam maka kita juga harus rutin melakukan perawatan dari luar untuk mencegah terjadinya rambut rontok yang menyebabkan kebotakan.
Maka dari itu untuk mencegah terjadinya kebotakan kita bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai salahsatu alternatif untuk perawatan rambut kita.
Minyak kelapa dapat menembus batang rambut dan zat yang ada di dalamnya akan mengikat sehingga dapat mencegah hilangnya protein rambut. Minyak kelapa juga memiliki sifat anti bakteri yang melindungi rambut dari infeksi bakteri dan jamur.

3. Minyak Lavender

Minyak lavender merupakan minyak efektif lain yang terbukti khasiatnya dalam mengendalikan rambut rontok dan secara bertahap menumbuhkan kembali rambut yang sehat. 
Memijat rambut dengan minyak lavender dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang signifikan , minyak ini juga dapat mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe, Selain itu, formulasi dari minyak lavender bisa memperkuat akar rambut yang lemah, memperbaiki rambut pecah dan merawat rambut keriting yang tipis.

4. Santan

Selain berguna untuk campuran bahan makanan dan minuman tenyata santan juga bisa kita gunakan untuk mengatsi rambut rontok.
Santan memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan rambut, antara lain vitamin B1, B3, B5, B6, C, E, juga zat besi, selenium, kalsium, magnesium, dan fosfor. selain itu juga santan bermanfaat untuk memanjangkan rambut, melindung rambut, membasmi ketombe, memperbaiki rambut rusak dan melembabkan rambut.

5. Penggunaan Air untuk Keramas 

Gunakan air yang suhunya suam-suam kuku, yaitu mendekati suhu tubuh, 37 derajat Celcius untuk mencuci rambut Anda. Tidak disarankan menggunakan air panas karena bisa mengakibatkan kerusakan parah pada kulit kepala dan memperlemah folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok.
Selain produk sampo yang sesuai, kesehatan rambut juga ditentukan oleh suhu air yang kita pakai saat keramas. Pasalnya suhu air yang tinggi dapat membuat akar rambut menjadi rapuh dan mudah tercabut saat Anda menyisirnya. Hal ini tentu saja akan menimbulkan masalah baru pada rambut Anda.

Jika Anda mengalami rambut rontok parah, Anda bisa menggunakan hair pack yang dibuat dengan aloe vera, aamla, shikakai dan neem powder dalam takaran yang sama. Oleskan sekali seminggu lalu cuci rambut dengan air suam-suam kuku. Hal ini akan menenangkan kulit kepala Anda, memberi nutrisi dan mencegah kerontokan serta kerusakan rambut.

3 komentar untuk "Tips Alami Mencegah Kebotakan Rambut"

  1. ini tips untuk yang rambutnya mudah rontok, bapak saya sudah sepuh rambutnya masih tebal malah ingin rontok gan

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah saya masih belum botak. Belum waktunya mungkin ya. ;-)

    BalasHapus