Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lindungi Informasi Data Pribadi di Internet

Tips Lindungi Informasi Data Pribadi di Internet


Semua layanan online boleh saja mengklaim memiliki tingkat keamanan tinggi, namun bukan berarti pengguna menjadi tidak memperhatikan keamanan akun milik nya. Karena tetap ada kemungkinan penjahat ciber bisa membobol informasi pribadi pengguna seperti foto, video, data keuangan dan email.

Sudah Seharusnya semua orang menjaga informasi akun pribadinya, Pengguna internet harus berhati-hati agar semua data penting tersimpan dengan aman.

Namun yang yang namanya manusia kalau sudah berniat jahat  mungkin saja mereka akan mencari seribu cara untuk mencuri data pribadi orang walaupun dengan susah payah harus membobol keamanan akun si pengguna, tapi setidak nya dengan melakukan ini  kita sebagai pengguna layanan internet bisa meminimalisirnya.  

dan berikut sejumlah tips untuk menjaga keamanan data pribadi agar tidak di bobol ornag lain, 

1. Pakai Password Berbeda 

Kebanyakan orang menggunakan password yang sama di semua perangkat dan akun online. Padahal jika menggunakan password unik dan beragam di berbagai akun, penjahat siber akan lebih sulit untuk mengakses informasi kamu.

Penggunaan password yang berbeda mengurangi risiko pembobolan semua akun yang kamu miliki. Misalnya jika satu akun diretas, hacker tidak bisa menggunakan password yang sama untuk masuk ke akun yang lain, dengan catatan ketika menggunakan password berbeda maka anda harus mengingat semua password akun tersebut.

Jika anda seorang pelupa maka di sarankan untuk menuliskan password tersebut bisa menggunakan aplikasi di PC/laptop anda, Handphone ataupun di buku, dan simpan dengan aman.

2. Pastikan Keamanan Jaringan Internet

Kesalahan umum lain adalah kurangnya perhatian pada jaringan internet. Ketika hacker berhasil menerebos jaringan internet anda, maka mereka bisa mengakses data di komputer dan perangkat lain yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Salah satu cara untuk mengamankan jaringan internet adalah membuat password. Kebanyakan router wireless memiliki password default, sebaiknya kamu menggantinya. Password bawaan bisa diprediksi, sehingga hacker bisa dengan mudah meretas jaringan internet tersebut, dan gunakan kombinasi angka dan karakter untuk mengganti password supaya tidak mudah di prediksi/dibobol.

3. Penggunaan Software

Ketika mengunduh/mendownload anti-virus atau software jenis lain di website, pastikan website tersebut terpercaya. karena mereka bisa saja menanamkan virus/malware berbahaya pada aplikasi tersebut, dan besar kemungkinan software itu akan berbahaya bagi komputer atau perangkat Anda.

Untuk mencegahnya, salah satu cara yaitu uncheck atau jangan centang semua fitur tambahan yang biasanya disertakan secara dafault  ketika software akan dipasang. Hal ini bisa mengurangi risiko yang ditimbulkan jika ternyata yang Anda unduh adalah software berbahaya.

4. Perhatikan Email Masuk

Email yang dikirimkan oleh orang tak kenal kadang bisa mengancam keamanan akun. Para Ciber biasanya melampirkan file, yang jika diunduh akan melakukan proses enkripsi pada komputer Anda.

File yang harus diwaspadai adalah .exe dan .bat, tapi tidak menutup kemungkinan tipe yang lain seperti PDF, juga bisa berbahaya. Cara terbaik ketika Anda menerima email yang mencurigakan adalah menghapusnya atan menandai sebagai spam.

1 komentar untuk "Tips Lindungi Informasi Data Pribadi di Internet"