Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjaga Smartphone Android Tetap Aman


Menjaga Smartphone Android Tetap Aman
Kini smartphone sudah menjadi bagian dari aktifitas sehari-hari, dengan smartphone kita bisa melakukan segudang aktifitas di dalam maupun di luar.
"Tak ada satu haripun yang dilewati tanpa menyentuh si ponsel pintar ini". kalimat tersebut sepertinya sangat tepat, dengan segudang manfaat yang diberikan maka kita sebagai pengguna tidak akan melewatkan aktifitas sehari pun tanpa smartphone.
 
Selain merawat smartphone agar dan tidak cepat rusak, pengguna juga harus berhati-hati dan menjaga data-data pribadi yang tersimpan di dalam smartphone agar tetap aman. Jangan sampai data dan privasi anda tersebar luas di internet karena ulah dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini kami akan berbagi tips agar perangkat smartphone terhindar dari masalah keamanan.
 
#1. Menggunakan Lock Screen.
Hal yang paling mendasar untuk menjaga keamaan perangkat anda adalah dengan menggunakan lock screen. Jenis lock screen bermacam-macam, mulai dari Password, Pettern lock, sampai dengan fingerprint yang paling aman.

Dengan mengunci layar setidaknya perangkat anda jauh lebih aman dibandingkan dengan tidak memasang kunci sama sekali, karena dengan memasang kunci layar tidak semua orang bisa membuka perangkat anda.

#2. Backup Data
Disarankan untuk secara rutin melakukan backup data baik secara online maupun ke PC/laptop anda. Sehingga ketika melakukan update sistem operasi, ganti ROM, terkena serangan malware atau secara tidak sengaja menghilangkan data penting pada perangkat, tidak akan membuat anda pusing tujuh keliling, karena anda masih mempunyai backupan data yang hilang tersebut.

#3. Update OS
Dengan update OS selain mendapatkan tampilan dan fitur terbaru dari OS tersebut, tentunya anda juga akan mendapatkan fitur keamanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya OS, Aplikasi pun harus selalu uptudate guna memperbaiki bug-bug pada aplikasi versi sebelumnya dan tentunya mendapatkan fitur baru, tampilan baru dan fitur kemaanan terbaru.

#4. Unduh Aplikasi Dari Situs Terpercaya
Pastikan anda mengunduh aplikasi dari situs terpercaya, seperti Google Play Store. Mengunduh di Google Play Store paling direkomendasi. Sebab Google sendiri sudah menyaring aplikasi yang ada di sana dengan Google Play Protect.

Jika mengunduh aplikasi di luar Play Store kemungkinan lebih rentan terhadap serangan virus atau malware.
#5. Aktifkan Google Play Protect
Selain mengunduh aplikasi dari situs terpercaya, pastika anda juga mengaktifkan Google Play Protect untuk menjaga sistem Android dari beragam aplikasi yang mengancam keamanan.

Google Play Protect dapat dilihat bagian My Apps di Play Store. Atau dapat pula ditemukan di Setting pada bagian Security and Location. 

#6. Aktifkan Find My Device
Fitur ini berfungsi untuk membantu melacak posisi ponsel. Lewat fitur ini juga kita dapat mengunci smartphone agar tidak diakses orang lain. Fitur ini sangat berguna untuk membantu melacak ponsel yang hilang atau tersembunyi.

Selain itu, lewat Find My Device juga kita dapat menghapus data dalam ponsel ketika hilang. Sehingga tidak ada pihak yang menyalah gunakan data yang tersimpan dalam perangkat.

#7. Aktifkan Two-Factor Authentication
Gengan mengaktifkan fitur ini, Google akan menginformasikan ke ponsel atau email jika ada yang mencoba menerobos sistem keamanan perangkat anda.


Nah itu tadi Tips Menjaga Smartphone Android Tetap Aman. Dengan menerapkan tips-tips diatas insyallah perangkat anda akan lebih aman terhindar dari masalah keamanan.

Petapah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu jagalah smartphone anda dengan baik, agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Posting Komentar untuk "Menjaga Smartphone Android Tetap Aman"