Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia

Speedtest Ookla
Gambar: lifewire.com
Menjelang akhir tahun, Speedtest Ookla merilis laporan terkini terkait daftar negara  koneksi internet tercepat di dunia. Perusahaan penguji kecepatan koneksi tersebut mengukur kecepatan internet di beberapa negara seluruh dunia dari November 2016 hingga November 2017.

Menurut survei Speedtest Global Index mengungkap kecepatan internet di dunia kini tumbuh lebih dari 30 persen. pertumbuhan kecepatan yang cukup agresif ini didorong oleh peningkatan jaringan internet di beberapa negara, seperti India, Australia, dan Norwegia.

Di tiga negara tersebut kecepatan internet meroket 77 % pada tahun 2017. Bahkan, ketiganya merupakan negara dengan peningkatan paling besar di seluruh dunia.

Dan berikut ini 10 Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia.

1. Norwegia

Peningkatan kecepatan internet di Norwegia lebih tinggi dibandingkan dengan negara maju lainnya. Dibandingkan dengan tahun lalu ada peningkatan kecepatan internet sekitar 77%, artinya penduduk Norwegia dapat menikmati kecepatan internet dalam kisaran  62,66 Mbps. Negara ini memang telah lama berinvestasi di berbagai perangkat dan teknologi yang menunjang konektivitas internet.

2. Belanda

Negara yang melegalkan peredaran ganja dalam batasan tertentu ini ternyata memiliki kecepatan internet rata-rata sekitar  53,01 Mbps. Menurut laporan pada tahun 2017, Belanda merupakan pengguna internet tertinggi di skala rumah tangga dibandingkan dengan negara lain di Eropa. Koneksi internet 53,01 Mbps ini juga stabil di hampir seluruh daerah di Belanda.

3. Singapura

Singapura merupakan salah satu negara yang paling cepat pertumbuhan internetnya. Memasuki awal tahun 2000, hampir seluruh warga negara Singapura sudah memiliki akses kepada layanan internet berkecepatan tinggi.
Kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan ketika terkoneksi internet di Singapura. Negara tetangga ini memang harus diakui lebih maju di bidan teknologi dan salah satunya adala di kecepatan internetnya. Di sana kecepatan internet bisa mencapai 51,5 Mbpssedangkan Indonesia hanya memiliki kecepatan sekitar 5,19 Mbps.

4. Korea Selatan

Warga Korea Selatan sudah menikmati rata-rata kecepatan internet dalam kisaran 47,64 Mbps. Meskipun memiliki koneksi internet terbaik di dunia, Korea Selatan masih melakukan filtering dan sensor terhadap beberapa situs.
Namun demikian, produk lokal menjadi lebih banyak digunakan oleh masyarakat Korea Selatan dan memiliki keuntungan sendiri bagi dunia usaha digital di Korea Selatan.

5. Hongkong

Pada tahun 2013 Hong Kong pernah memiliki kecepatan internet sebesar 60 Mbps, dan menjadi negara pertama di dunia yang pernah mencapai angka setinggi itu. kini kecepatan internet rata-rata di Hong Kong adalah 21,9 Mbps, meningkat dari kuartal sebelumnya sebesar 19,9 Mbps.

6. Jepang

Sebagai negara maju dalam bidang teknologi, Jepang termasuk salah satu negara yang memiliki kecepatan sangat tinggi hingga 100 gbps. Namun rata-rata penduduknya baru menikmati kecepatan internet kisaran 18.2 mbps. Sementara itu salah satu layanan internet di Jepang sudah menjual paket internet hingga 2 gbps secara komersil, dua kali lebih cepat dibandingkan dengan Google Fiber.

7. Finlandia

Kecepatan rata-rata internet di negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia ini sebesar 20, 6 Mbps, meningkat 17% dari kuartal ketiga 2016 sebesar 17,7 Mbps, dan naik  24% dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini tergolong sangat pesat. pada tahun 2010 kecepatan internet yang tersedia di Negara ini hanya sebesar 1 Mbps, yang hanya cukup untuk mengirim e-mail , browsing atau menonton video berkualitas rendah di Youtube.

8. Denmark

Peningkatan koneksi internet di negara ini dari kuartal sebelumnya tergolong paling tinggi, yakni 25%, menjadi 43,31 Mbps. Seiring dengan itu, tingkat penggunaan internet aktif di negara ini juga terus mengalami peningkatan. Diprediksikan pada tahun 2021 jumlah pengguna internet di Denmark akan mencapai 93,37% dari jumlah penduduknya.
 

9. Swiss

Meningkat 27% sejak tahun lalu, kecepatan internet rata-rata di Swiss adalah 21,2 Mbps, naik 15% dari kuartal sebelumnya sebesar 18,7 Mbps. Swiss Juga merupakan negara dengan tingkat penetrasi internet tertinggi di Eropa, yakni 89,3% menurut data per bulan Juni 2016.

10. Swedia

Swedia juga masuk ke sepuluh negara dengan koneksi internet tercepat di dunia. Saat ini jaringan internet di Swedia sudah bisa mencapai 22,18 Mbps . Kecepatan internet di negara ini meningkat 32% dibandingkan dengan tahun lalu. dan artinya kamu bisa menikmati streaming tanpa harus menunggu buffering terlalu lama. Sudah tidak pernah merasakan delay dan lag dalam setiap koneksi internetnya, Swedia menjadi surga bagi para netizen.

1 komentar untuk "10 Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia"