Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Negatif Smartphone Terhadap Tubuh dan Otak

Dampak Negatif Smartphone Terhadap Tubuh dan Otak

Smartphone merupakan gadget yang mundah untuk dibawa kemana mana. Selain itu smartphone juga bisa membantu untuk mempermudah pekerjaan kita dan terdapat suatu kebanggaan pula bila bisa memiliki smartphone jenis terbaru.

Gadget ini benar-benar telah mengubah gaya hidup manusia. dengan smartphone kita bisa menikmati kebebasan dalam menjaga kedekatan kita dengan orang lain dimana pun tanpa ada batasan jarak dan waktu.

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, kesehatan juga berpengaruh terhadapnya. 
Menurut informasi dari Lifehack, berikut adalah fakta yang perlu diwaspadai mengenai dampak penggunaan smartphone terhadap tubuh dan otak kamu.

Mempengaruhi Kesehatan Psikologis


1. Interaksi sosial

Penggunaan smartphone dapat mempengaruhi mood dan kenyamanan hati, terutama jika kamu berada di dalam dalam percakapan grup. Hal tersebut bisa menyita perhatian kamu daripada lingkungan sekitar kamu.

Jelas hal ini mengurangi kemampuan kognitif dalam bersosialisasi dengan orang lain secara langsung dan bisa membuat kamu jadi pribadi yang tertutup.

2. Menurunkan daya ingat

Smartphone merupakan salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk mengabadikan momen-momen berharga di dalam hidup. Namun secara tidak langsung, smartphone juga bisa menurunkan daya ingat kamu.

Hal ini dikarenakan pengguna smartphone terlalu menggantungkan kebutuhannya pada gadget, sehingga tidak berusaha untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Termasuk mengingat sesuatu hal.

3. Melemahkan penalaran induktif

Dengan adanya akses internet, maka kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi apapun yang tidak kamu ketahui melalui Google, Akan tetapi ketergantungan terhadap hal tersebut menjadi bumerang bagi kamu.

Gordon Pennycook, Seorang Psikologi Kognitif dari University of Waterloo, mengungkapkan ketergantungan pada internet telah menurunkan kecerdasan mental dan kemampuan untuk memecahkan masalah.


Efek ke kesehatan fisik


1. Ketergantungan smartphone menambah berat badan

Smartphone bisa mengurangi aktivitas fisik. karena dengan martphone memungkinkan kamu mengakses film, permainan, maupun aplikasi media sosial apapun. 
Dengan layar kecil tersebut, kamu dapat melakukan apapun yang kamu inginkan. Sehingga akan menyebabkan obesitas maupun penyakit kronis.

2. Smartphone mengganggu pola tidur

Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat mengganggu produksi hormon melatonin kamu. Hormon-hormon ini berfungsi untuk mengatur pola tidur kamu.

3. Smartphone bisa berujung pada kecelakaan

Kamu sering mendengar tentang kecelakaan yang disebabkan oleh mengemudi sambil melakukan SMS, tetapi apakah kamu sadar bahwa kamu juga bisa kecelakaan ketika berjalan sambil melakukan SMS?

Jika kamu kurang aktif, otot-otot dalam tubuh kamu akan melemah bersama dengan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh . Hal ini pada akhirnya membuat kamu rentan terhadap cedera fisik.

Setelah kamu membaca artikel diatas, apakah kamu masih akan menggunakan smartphone secara berlebihan?

Smartphone memang kebutuhan penting dalam kehidupan di jaman sekarang, namun kesehatan tetap menjadi hal yang lebih penting daripada sebuah smartphone. 
Gunakan lah smartphone dengan sewajarnya, dan jangan sia-siakan waktu berharga yang kamu miliki untuk dapat kamu gunakan ke hal-hal yang lebih penting.


Posting Komentar untuk "Dampak Negatif Smartphone Terhadap Tubuh dan Otak"