Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Huruf Arab pada Keyboard

Menulis bahasa arab di komputer tentu menjadi sebuah kebutuhan penting jika kamu terjun di bidang penulisan ataupun kamu yang menjadi siswa/mahasiswa di sekolah/jurusan keagamaan.

Secara default keyboard komputer/laptop menggunakan tulisan latin atau bahasa inggris, dan jika kamu ingin menulis menggunakan bahasa Arab maka kamu harus menambahkan bahasa Arab terlebih kemudian ubah lah bahasa keyboard kamu menjadi bahasa Arab.

Nah berhubung kemarin ada teman admin yang mengalami masalah tersebut, maka pada tutorial kali ini admin akan menjelaskan dengan cara yang lebih mudah dan simpel, dan pada contoh kali ini admin menggunakan windows 10, tapi pada initinya sama saja bisa di aplikasikan di windows 7 maupun windows 8.

Cara Setting Keyboard Laptop/Komputer Menjadi Huruf Arab di Windows 10


1. Masuk ke Menu Setting

Cara Menambahkan Huruf Arab pada Keyboard


2. Pilih Time & Language

Cara Menambahkan Huruf Arab pada Keyboard


3. Pilih Menu Language

Cara Menambahkan Huruf Arab pada Keyboard


4. Klik Add a preferred language

Cara Menambahkan Huruf Arab pada Keyboard


5. Cari Bahasa Arab Saudi Arabia kemudian Klik Next

Cara Menambahkan Huruf Arab pada Keyboard


6. Pada Cek Box Set as my display language jangan di ceklis, kalau di ceklis nanti tampilan Laptop/Komputer kalian, semua nya akan menjadi bahasa Arab, selanjutnya klik Install

Cara Menambahkan Huruf Arab pada Keyboard


6. Tunggu proses install sampai selesai, maka akan muncul icon Bahasa pada pojok kanan bawah, selanjutnya kalian klik dan pilih Bahasa Arab



7. Untuk memastikan berubah atau tidak nya keyboard laptop kamu ke Bahasa Arab silakan tampilkan Aplikasi On Screen Keyboard

On Screen Keyboard

9. Selesai dan keyboard Laptop/Komputer kamu sudah bisa digunakan untuk menulis Bahasa Arab.

Catatan: ketika posisi keyboard dalam bahasa Arab maka apapun yang kamu ketik tidak hanya di word di aplikasi apapaun atau di browser maka akan menjadi bahasa Arab, dan jika kamu ingin mengembalikan nya ke tulisan biasa kamu tinggal menggantinya lagi ke bahasa Inggris pada icon Bahasa di pojok kanan bawah. 

Demikian tutorial mengubah bahasa keyboard pada komputer lengkap dengan gambar, namun jika masih kebingungan jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar yang sudah tersedia.

Jika tutorial ini sangat bermanfaat silahkan share di media sosial kamu,  ajak teman-teman untuk dapat belajar bersama. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Huruf Arab pada Keyboard"