Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Fingerprint Scanner Smartphone Tetap Awet

Tips Merawat Fingerprint Scanner Smartphone Tetap Awet
Google.com

Tips Merawat Fingerprint Scanner Smartphone Tetap Awet - Teknologi fingerprint scanner pada smartphone kian berkembang, kini hampir semua produsen smartphone menyematkan teknologi tersebut pada smartphone buatannya, tak hanya tersedia pada smartphone kelas premium tapi juga di smartphone kelas menengah.
Dengan hadirnya fitur ini dapat mempermudah pengguna dalam mengamankan data-data penting dalam smartphone, karena pengguna  tidak perlu repot memasukkan pin atau kunci pola di layar yang mudah ditebak orang lain.
Sayangnya, bagian ini merupakan bagian yang paling sensitif karena sering digunakan untuk membuka atau mengunci smartphone. Tentu bila tidak dijaga dengan baik akan membuat sensor fingerprint scanner rusak.
Oleh karena itu fingerprint pun harus dirawat baik-baik agar tetap awet dan berfungsi maksimal. Nah, berikut tips merawat fingerprint scanner Smartphone dan hal-hal yang harus di hindari saat menggunakan fingerprint.

1. Jari Basah

Pastikan untuk tidak menggunakan fingerprint scanner dengan kondisi jari yang basah atau berkeringat. Karena smartphone merupakan perangkat elektronik, sesuatu yang basah akan membuatnya cepat rusak, termasuk jari yang basah. Selalu gunakan fingerprint dalam kondisi jari yang bersih dan kering.
Sebisa mungkin untuk mengurangi penggunaan sensor dalam keadaan jari yang basah untuk menghindari resiko kerusakan pada fingrprint scanner.

2. Mendaftarkan Banyak Jari

Kebanyakan smartphone kini memungkinkan kamu untuk mendaftarkan lebih dari satu jari untuk akses keamanan. Namun, agar sensor sidik jari pada smartphone lebih optimal disarankan agar pengguna mendaftarkan maksimal dua sidik jari saja. Hal ini dilakukan agar fingerprint smartphone kamu bisa berfungsi dengan baik.

3. Jangan Gunakan Fingerprint Saat Hujan

Jari yang basah saja berbahaya, apalagi memakainya saat hujan. Meski smartphone saat ini dibekali dengan teknologi yang cukup canggih, termasuk fitur anti air. Namun, sebisa mungkin untuk mengurangi penggunaan sensor. Pasalnya ada celah-celah pada sensor fingerpint yang bisa menjadi jalan masuk air ketika tombol sensor sidik jari ditekan.

4. Menggores Fingerpint

Jangan sekali-kali membersihkan fingerprint dengan kain kasar atau bahkan kamu iseng menggoreskan benda tajam pada fingerprint smartphone kamu, sebab sensor pada permukaan scanner memang dirancang khusus untuk mengenali pola khas yang ada pada jari.
Jika permukaan tergores, besar kemungkinan akan membuatnya tidak bisa dipakai lagi.

5. Memindai Selain Jari

Sangat tidak disarankan untuk memindai bagian kulit atau tubuh lain selain sidik jari. Jika hal ini dilakukan fingerprint scanner dikhawatirkan mengalami kerusakan.
Meskipun fingerprint scanner di smartphone juga memungkinkan kamu untuk memindai bagian tubuh lain, namun gunakan saja sidik jari sesuai namanya.


Nah itu tadi hal-hal yang harus kamu hindari saat penggunaan fingerprint pada sebuah smartphone.
Semoga tips di atas dapat membantu fingerprint smartphone kamu lebih tahan lama dan awet.

Jangan lupa share ke temen-temen kamu, Semoga Bermanfaat.

1 komentar untuk "Tips Merawat Fingerprint Scanner Smartphone Tetap Awet"

  1. Thanks for posting this info. I just want to let you know that I just check out your site and I find it very interesting and informative. I can't wait to read lots of your posts. scanning

    BalasHapus