Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Kenapa Smartphone dengan Stock Android Lebih Baik

4 Alasan Kenapa Smartphone dengan Stock Android Lebih Baik
Sistem Operasi Andoid

Sistem Operasi Android memberika kemudahan bagi para manufaktur untuk melakukan modifikasi. Dengan cara ini, setiap vendor dapat menampilkan desain antar muka yang berbeda dan unik dengan ciri khas mereka masing-masing, seperti MIUI dari Xiaomi, TouchWiz dari samusng dan ZenUI Milik Asus dan lain-lain.

Dengan Kostumisasi ini memang tampilan OS menjadi lebih keren, namun nyatanya smartphone dengan stock Andorid tetap lebih baik. Lalu apa saja keunggulan smartphone yang mengunakan stock Android ?

Berikut 4 keunggulan dari perangkat yang menggunakan stock Android.


1. Keamanan

Salah satu keluhan pengguna android adalah masalah keamanan. Sistem Operasi Android ini kerap menjadi sasaran bagi malware.
Google sendiri sering memberikan patch keamaanan dengan cepat, akan tetapi hal ini bisa didapatkan jika perangkat kamu mengunakan stock Android.
Bagi kamu yang mengunakan perangkat Android yang sudah di kostum oleh vendor tidak akan bisa mendapatkan update tersebut dengan cepat. karena sebelum vendor memberikan update pada semua perangkat buatannya vandor harus melakukan modifikasi terlebih dahulu.
Maka dari itu, jika ingin mendapatkan update kemanaan lebih cepat, gunakanlah Smartphone dengan stock Sndroid.

2. Update OS android lebih cepat

Smartphone dengan stock Android menjadi prioritas Google untuk memberikan update OS Android lebih cepat.
Namun masalah terjadi pada perangkat dengan OS kostumisasi. OS Andorid kostumisasi akan mengalami keterlambatan untuk mendapatkan update. Karena vendor harus memodifikasi stock Android agar sesuai dengan ciri khas dari vendor tersebut. Bahkan, sejumlah manufaktur memilih tak merilis pembaruan untuk perangkatnya.
Karenanya untuk pengguna yang ingin merasakan pengalaman memakai Android versi terbaru, mau tidak mau harus memberi perangkat baru.

3. Minim Bloatware

Produsen smartphone membuat tampilan antarmuka sesuai standar mereka, bahkan mereka menyertakan banyak aplikasi yang otomatis terpasang pada smartphone nya.
Namun disisi lain, setiap smartphone Android wajib terpasang aplikasi bawaan Google.
Akibatnya, sejumlah aplikasi pun menjadi tumpang tindih karena aplikasi bawaan vendor tersebut yang sulit di hapus.
Jika kamu memakai Smartphone stock Android, kamu tidak akan mengalami masalah tersebut dan hasilnya memori smartphone kamu lebih lega dan tidak membebani kinerja RAM.

4. Performa Lebih Baik

Kinerja RAM yang tidak terlalu terbebani oleh aplikasi bloatware akan membuat smartphone memiliki performa lebih baik karena lebih sedikit aplikasi bloatware yang berjalan di latar belakang.


Nah itu tadi 4 Alasan Kenapa Smartphone dengan Stock Android Lebih Baik. namun tetep pada akhirnya kembali kepada kamu sebagai pengguna, lebih nyaman mengunakan stock Android atau sebaliknya.

Silakan komen di bawah jika ada masukan atau kurang setuju dengan artikel ini, dan jangan lupa share ke temen-temen kamu.

Terimakasih atas kunjungan nya, semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "4 Alasan Kenapa Smartphone dengan Stock Android Lebih Baik"