Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone


6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone - Hadirnya berbagai smartphone dengan berbagai merek dan tipe kadang membuat kita bingung dalam menentukan pilihan smartphone manakah yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Bakhan beberapa vendor smartphone menghadirkan produk barunya bisa mencapai 3 buah bahkan lebih dalam jangka waktu 1 bulan dengan fitur-fitur dan desain yang menarik, sehingga membuat konsumen menjadi bingung untuk menentukan pilihan.

Nah bagi anda yang berencana untuk membeli smartphone ada baiknya anda perhatikan hal-hal berikut ini sebelum membelinya agar anda tidak kecewa.

6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

1. RAM

RAM merupakan salah satu faktor penting yang harus di pertimbangkan sebelum membeli sebuah smartphone, karena besarnya kapasitas RAM pada sebuah smartphone sangat mempengaruhi kenerjanya. RAM juga merupakan komponen pendukung kinerja prosesor agar lebih baik. Semakin besar kapasitas RAM pada smartphone maka akan semakin baik pula kineja smartphone tersebut.
Jika anda berencana untuk membeli smartphone baru, sangat disarankan untuk memilih smartphone dengan kapasitas RAM minimal 1 GB untuk pemakaian normal seperti browsing, sosial media dan multimedia lainnya. 
Namun bagi anda yang sering menggunakan smartphone untuk bermain game sangat di sarankan untuk memilih smarhphone dengan kapasitas RAM minimal 2-3 GB.

2. Prosesor

Kecepatan posesor sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah smartphone, semakin banyak core yang terdapat pada prosesor maka makin baik juga performa multitasking smartphone tersebut.
Bagi anda yang ingin bermain game dengan lancar sangat di sarankan untuk memilih smartphone dengan prosesor minimal Snapdragon 625, namun tentunya harus di dukung juga dengan RAM yang mempuni.

3. Memory

Aplikasi yang teristall di momori internal akan sedikit mengganggu kinerja smartphone jika isinya lebih dari 70%, oleh karena itu pastikan memori smartphone anda cukup untuk manampung data dan aplikasi yang terinstall.
Bagi anda yang suka menyimpan data, aplikasi, atau game sangat disarankan untuk memilih smartphone dengan kapasitas memori minimal 16 GB.

4. Baterai

Selain performa baterai juga merupakan hal yang harus kita perhatikan dalam memilih sebuah smartphone. Memiliki smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup untuk di pakai seharian adalah keinginan semua orang, apalagi bagi anda yang hobi travel ini akan sangat memudahkan karena anda tidak akan di repotkan dengan power bank atau nge-charge hp ketika dalam perjalanan.
Bagi anda yang hobi travel atau pengguna berat smartphone sangat disarankan untuk memilih smartphone dengan kapasitas baterai minimal 4000mAh jika anda tidak ingin di repotkan dengan habisnya baterai disaat waktu-waktu terpenting anda.
Namun yang perlu anda ketahui bahwa prosesor dan RAM juga mempengaruhi daya tahan baterai pada smartphone.

5. Kamera

Kamera adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan untuk memilih sebuah smartphone, terutama bagi anda yang hobinya selfie atau  foto-foto pemandangan.
Selain melihat dari sisi spesifikasi kamera, anda juga harus melihat video review dari smartphone yang akan anda beli atau bisa juga menanyakan kepada teman anda yang kebetulan mempunyai smartphone yang sama dengan yang akan anda beli. Karena besarnya fixel pada kamera smartphone tidak menentukan bagus atau tidak nya hasil foto.

6. Harga

Selain faktor spesifikasi di atas anda juga harus mempertimbangkan dengan budget yang anda miliki.
Jangan sampai anda memaksakan untuk membeli smartphone yang tidak sesuai dengan kemampuan budget yang anda miliki.
Belilah smartphone yang anda butuhkan bukan yang anda inginkan.


Nah itu tadi 6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone.
Semoga artikel ini dapat membantuanda dalam menentukan pilihan smartphone yang cocok untuk anda. 

Jangan lupa share atikel ini ya "Berbagi Itu Indah" 😊

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone"