Cara Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce

Cara Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce

Cara Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce - kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara untuk memaksimalkan kinerja VGA Nvidia pada sebuah PC/Laptop. sebagai contoh disini saya menggunakan laptop Asus K46cm dengan Nvidia Geforce GT 635M 2B yang merupakan VGA keluaran lama, namun dengan sedikit pengaturan di NVIDIA Control Panel laptop ini masih mampu menjalankan game yang cukup berat.

Untuk uji performa, saya mencoba untuk memainkan game Naruto Ninja Strom 4, game ini cukup berat dan membutuhkan grafis yg lumayan tinggi, dengan size file sekitar 40MB.

Pertama kali game dimainkan sering terjadi lag bahkan crash, entah itu diakibatkan oleh game nya yang terlalu menguras kapasitas RAM atau memang VGA yang digunakan memang sudah terlalu ketinggalan jaman, atau bisa jadi memang game nya yang masih bug. namun ternyata setelah saya mecoba merubah beberapa settingan di NVIDIA control panel Alhamdulilah Game ini berjalan lancar.

Dari kesimpulan di atas kita tahu bahwa VGA yang digunakan sudah teralau ketinggalan, namun dengan beberapa settingan di bawah ini, Game ini bisa berjalan dengan lancar.

Sebagai catatan disini saya menggunakan Driver Nvidia ter-update yaitu versi 384.94, yang menggunakan driver versi lama mungkin ada beberapa opsi yang berbeda tapi intinya sama.

Berikut ini Tips Untuk Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce

1. Tentunya kamu harus sudah menginstall driver Nvidia pada laptop kamu.
2. Klik kanan pada dekstop pilih NVIDIA Control Panel.
3. Klik Adjust image Setting with preview, klik/ceklis pada Use my preference emphasizing. kemudian geser panah ke tengah atau Balance
Cara Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce

4. Klik Manage 3D Setting  kemudian pada tab Golobal Setting ubah Preperred graphics processor processor menjadi  High Performance NVIDIA processor
Cara Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce

5.  Kemudian Atur Settingan seperti di bawah ini.
Cara Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce 
 
Cara Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce

Keterangan dari istilah-istilah pada NVIDIA Control Panel :

Ambient Occlusion

Ambient Occlusion atau di sebut SSAO berfungsi mengatur tingkat detail gambar supaya lebih realistik/nyata, menambah tingkat detil ambience lighting jadi shadow-nya bisa lebih bagus.
Jika kamu ingin lebih realistik gambar terlihat detail pilih Performance atau Quality. Tapi, kalau VGA kalian tidak terlalu tinggi pilih OFF saja supaya Game lebih kenceng. Efek Ambient Occlusion termasuk salah satu yang berat jadi klo di off kan bisa ngefek banget ke framerate.

Anistropic Filtering

Anistropic Filtering berfungsi membuat semua tekstur  image 2D  yang meliputi semua objek 3D jadi lebih jelas. Kalau kamu ingin menghasilkan image 2D-3D yang bagus pilih 16x, Tapi Saran saya lebih baik diatur di dalam settingan gamenya di set ke Application Controlled.

Antialiasing – FFXAA

FXAA adalah jenis AA yang tidak terlalu mengurangi performa. FXAA memproses frame yang ditampilkan untuk mengurangi aliasing dengan relatif cepat. Namun FXAA dapat membuat gambar terlihat kabur.
Sebaiknya fitur ini dimatikan apabila dirasa game berjalan terlalu berat.

Antialiasing – Gamma Correction

Opsi ini hanya berjalan pada VGA generasi terbaru seperti seri VGA 7800 atau yang lebih baru. Fungsinya untuk menghasilkan kualitas warna dan yang baik dan membantu menghilangkan jaggies (sudut yang terlihat kotak-kotak). Saran saya sih ini diset ON saja.

Antialiasing – Mode

Antialiasing mode berfungsi yang bisa menghaluskan effek 3D, sudut yg kotak-kotak tadi jadi kelihatan lebih smooth. Jika VGA kamu tergolong High End diset ke Enhance the Application Setting untuk mendapatkan gambar yang terbaik. Kalau VGAnya onboard atau Low End saran saya  di set ke Off saja agar tidak ngelag.

Maximum Pre-rendered Frames

Maximum Pre-rendered Frames berfungsi untuk mempersiapkan frame-frame yang berada di belakang frame yang sedang diproses, saran saya di set ke Use the 3D apllication setting saja

Power Management Mode

Yang pake PC set ke Prefer Maximum Performance. Kalau yang pake laptop pilih Opsi Adaptive atau Use the 3D apllication setting, Tapi ga terlalu terasa juga sih ke bateray jadi kamu juga bisa menggunakan opsi yang pertama.

Texture Filtering – Anistropic Sample Optimisation

Opsi ini berfungsi mengatur tekstur agar lebih halus. Opsi ini mendingan sih di set ke ON. Setting ke OFF bila ada masalah di game (ada tekstur yg aneh).

Texture Filtering – Negative LOD Bias

Opsi ini berfungsi untuk mengatur tingkat ketajaman objek pada game. Di beberapa game settingan ini bisa berpengaruh terhadap ketajaman objek di dalam game. Saran saya diset ke Clamp untuk mendapatkan gambar yang baik. Kalau ada objek yg aneh-aneh (ada masalah) atau frameratenya beneran dah mentok bawah pilih Allow.

Texture Filtering – Quality

Opsi ini akan menentukan tingkat Anistropic dan Trilinear filtering. Saran saya  di sek ke Performance saja supaya lebih lincah.

Texture Filtering - Trilinear Optimization

Berfungsi untuk meningkatkan Anistropic dan Trilinear filtering. Jika opsi Texture filtering - Quality
Anda tidak memilih opsi High Quality, maka settingan ini bisa diatur ke ON atau OFF. saran saya set ke ON saja soalnya tidak terlalu pengaruh juga

Threaded Optimization

Berfungsi untuk memaksimalkan kinerja multithread untuk semua game 3D. Jika menggunakan processor Multi-Core atau Multi-Thread, sebaiknya pilih opsi ON atau Auto.  kalau ada masalah set ke OFF.

Triple Buffering

Berfungsi untuk memproses sebuah adegan frame selanjutnya sebelum ditampilkan ke layar. Fitur ini memanfaatkan resource komputasi GPU yang masih kosong untuk mengerjakan adegan frame selanjunya sehingga dapat meningkatkan gambar menjadi terlihat bergerak lebih halus. Opsi ini sebaiknya disetel ke ON untuk nambah Performance.

Vertical Sync

Vertical Syncronization berfungsi untuk menyamakan atau 'menyingkron garis vertikal' framerate game dengan refresh rate monitor. Umumnya, framerate sebuah monitor adalah 60fps dengan settingan 60Hz. Jika V-Sync dimatikan, biasanya ada frame-frame game yang ter-skip dan terlihat tidak smooth. Selain itu, untuk masalah kompatibilitas, sebaiknya V-Sync diset di dalem settingan game.

Nah itu tadi Tips Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce. yang harus di ingat Processor dan RAM juga menentukan hasil. dan pilihlah game yang memang compatibel dengan PC/Laptop kamu.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Cara Memaksimalkan Performa Nvidia Geforce"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel