Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Usia Baterai Smartphone Agar Lebih Awat


Tips Menjaga Usia Baterai Smartphone Agar Lebih Awat - Sebuah lembaga spesialis pengembang baterai, Battery University, mengungkap baterai lithium-ion yang ada di smartphone kita juga bisa stres.

Sama seperti yang terjadi pada manusia, stres yang berkepanjangan pada baterai diklaim bisa mengurangi usianya.

Apabila kamu ingin baterai smartphone kamu tetap awet sepanjang waktu, Battery University memberikan beberapa tips untuk menjaga usia baterai agar lebih awet, berdasarkan hasil penelitian yang mereka lakukan. dan berikut ini daftar tips-nya.

1. Langsung Copot Charger Saat Baterai Penuh

Battery University mengungkapkan bila membiarkan smartphone terus terhubung pada charger meski baterainya penuh, bisa berdampak buruk dalam jangka panjang. Hal ini disebut dapat mengurangi konsentrasi zat kimia di dalam baterai.

2. Jaga Agar Selalu Dingin

Perlu kamu ketahui panas adalah musuh besar baterai. Jadi, saat mengisi daya lebih baik seluruh casing tambahan dilepas dan smartphone tidak ditaruh di tempat yang terkena panas sinar matahari.

Selain itu, ada baiknya kamu tidak menggunakan smartphone pada saat di-charge, ini bisa menyebabkan overheat.

3. Jangan Charge hingga 100 Persen

Battery University juga mengungkapkan baterai lithium-ion tidak perlu dicharge sampai 100 persen. Bahkan, lebih baik bila tidak di-charge sampai penuh karena voltase tinggi bisa membuat baterai stres dalam jangka panjang.

4. Sering Charge

Jangan sampai membiarkan baterai smartphone habis dayanya hingga 0 persen, karena hal ini bisa memangkas umur baterai lebih cepat.

Waktu yang disarankan saat baterai kehilangan 10 persen dayanya atau sudah sampai 40 persen. Apabila hal itu sulit dilakukan, charge saja smartphone sesering yang kamu bisa. Hal ini tidak berdampak buruk bahkan baik untuk baterai.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Usia Baterai Smartphone Agar Lebih Awat"