Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Otak


6 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Otak


Musik yang selalu kita dengar setiap hari baik itu sengaja ataupun musik yang di mainkan orang lain terdengar oleh kita ternyata memiliki kekuatan khusus untuk menggerakan emosi kita.
Musik bisa membuat kita menjadi riang, sedih, bahkan bisa membuat seseorang terharu dan menetekan air mata.
Namun tahukah anda bahwa mendengarkan musik dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otak!
Sebuah penelitian meyebutkan bahwa musik diketahui memiliki dampak baik bagi kesehatan otak. Di antaranya, musik bisa membuat Anda lebih kreatif hingga melepaskan stres.
tidak hanya itu saja berikut ini adalah beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan otak.

6 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Otak


1. Mengontrol Tekanan Darah

Mendengarkan musik dengan nada yang lembut diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian dari tim peneliti asal Oxford University yang menyebut  mendengarkan musik dengan nada yang lembut dapat bermanfaat baik bagi kinerja sistem kardiovaskular. Mendengarkan musik jenis ini secara teratur dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

2. Mencegah Kepikunan 

Studi yang dilakukan peneliti dari Helsinki University, mengungkapkan rutin mendengarkan musik dapat membantu dalam mempretahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan. karena dengan mendengarkan musik dapat memicu kerja otak untuk menggali suatu informasi yang diingat oleh seseorang.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Sepertiga dari orang yang mendengarkan musik bertujuan supaya memberikan semangat ketika bekerja . Dan hampir satu dari empat orang mengatakan, bahwa dengan mendengarkan musik ketika dalam perjalanan ke tempat kerja telah membantu mereka menghilangkan stres. 
Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

4. Meningkatkan Mood atau Suasana Hati

Mendengarkan musik mampu membuat otak Anda melepaskan dopamine, suatu bahan kimia yang berguna untuk membangkitkan mood Anda secara instan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert Zatorre dari McGill University, Montreal, Kanada, yang menyebutkan mendengarkan musik dapat melepaskan hormon rasa senang (dopamin) di otak. Akibatnya, mood atau suasana hati orang akan lebih baik dan membuatnya lebih mudah berkomunikasi.

5. Memicu Perkembangan Otak

Sebuah studi menunjukan bahwa bahwa orang yang berlatih main alat musik dapat merespons suara dan bahasa lebih baik. Mereka juga akan cenderung mengalami proses penuaan otak yang lebih lambat.  dalam studi lainnya menyebutkan musik dapat membuat anak belajar kosakata baru dengan lebih cepat. Mereka juga memiliki memori verbal yang lebih tinggi dan memiliki nilai pelajaran sekolah yang lebih baik.

6. Meningkatkan Kualitas tidur

Musik dapat menenangkan pikiran dan jiwa sehingga membantu Anda tidur nyenyak. 
di inidia musik klasik sering dijadikan terapi untuk pengobatan insomnia, migrain, sakit kepala kronis, hipertensi, gelisah hingga sakit kepala. Sebuah studi menemukan bahwa mendengarkan musik klasik India dapat meningkatkan kualitas tidur pada individu yang mengalami depresi karena iramanya yang memiliki ritme hipnotis.

8 komentar untuk "6 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Otak"

  1. Iya gan setuju ane sama pendapat ente..

    BalasHapus
  2. nyimak ya gan, ane kurang suka musik soanya, lebih suka mendengarkan murotal hehe

    BalasHapus
  3. tapi denger berlebihan juga gabagus gan buat telinga

    BalasHapus
  4. Wah , banyak juga manfaanya. Tapi kalo kelamaan kuping bisa letih juga

    BalasHapus
  5. cocok nomer 3 aku belajar lebih focus kalau sambil dengerin musik

    BalasHapus