Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengejutkan, 3 Miliar Akun Yahoo di Retas Hacker

Mengejutkan, 3 Miliar Akun Yahoo di Retas Hacker

Perusahaan yang telah diakuisisi oleh Verizon senilai USD 4,5 miliar ini membuat pengakuan mengejutkan. Yaitu sebanyak 3 miliar akun yang dikelolanya telah diserang oleh para hacker.

Kejadian bermula dari aksi pencurian data di tahun 2013 lalu. Setahun kemudian, aksi yang sama terjadi pada 500 juta akun Yahoo. dari situ, pada tahun 2016 lalu, Yahoo mengakui terdapat 1 miliar pengguna yang akunnya diretas, yang juga diakui sebagai serangan siber terbesar pada saat itu.

User yang memiliki email Yahoo dan layanan-layanan Yahoo yang lain seperti Flickr dan fantasy sport pun terkena imbasnya. Yahoo mengatakan informasi yang tercuri meliputi nama, alamat surel, nomor ponsel, tanggal ulang tahun, hingga password. Dalam beberapa kasus, pertanyaan keamanan, serta jawabannya, juga ikut tercuri.

Dari 3 miliar akun yang diretas, Yahoo mengatakan banyak user yang menggunakan password serupa untuk akun dan layanan lain. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan jumlah akun yang diretas di luar akun Yahoo. Maka, setiap orang harus lebih pintar dalam mengawasi akun pribadinya.
Yahoo mengatakan bahwa penemuan tersebut diketahui ketika tengah mengintegrasikan Yahoo dengan AOL, salah satu anak perusahaan Verizon. Hal ini pun juga berdampak pada Verizon sendiri.
Verizon mengatakan bahwa mereka bersama Yahoo akan terus bekerja untuk memastikan keamanan terhadap seluruh user dan jaringan terhadap ancaman dunia siber. 

Sebagai bentuk penanggulangan terhadap aksi pembobolan tersebut, Yahoo memberikan arahan bagi para user untuk mengamankan akun mereka. Pertama, ubah password dan pertanyaan keamanan beserta jawabannya. Kedua, perhatikan apakah akun kalian melakukan kegiatan yang mencurigakan. Waspada terhadap pihak-pihak ataupun link yang berusaha menanyakan informasi pribadi. Terakhir, hindari mengklik atau mengunduh dari surel yang meragukan asal-usulnya. 


Posting Komentar untuk "Mengejutkan, 3 Miliar Akun Yahoo di Retas Hacker"